Kamis, 07 Januari 2016

Bagi Anak Rantau Jangan Sedih Atau Patah Semangat, Jarang Pulang Bukan Halangan Untuk Sukses



Ketika itu diterminal Lewi Panjang Negeri Sunda

Anak rantau adalah sebutan bagi orang yang sedang melakukan perjalanan atau menjalani kehidupan jauh dari rumah asal dan keluarga. Kamu yang sedang merantau tentu setuju dengan kutipan di atas. Ya, momen perjalanan atau kesempatan menjelajah tempat-tempat baru memang menempa pribadimu. Berbagai pengalaman dan pelajaran bisa didapat saat kamu berani meninggalkan kampung halaman, pergi merantau ke kota lain atau negeri orang. Merantau untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan bukanlah perkara sederhana. Banyak hal yang harus dipikirkan matang-matang sebelum akhirnya mantap memilih pergi. Di perantauan, berbagai tantangan pun sudah menanti untuk dihadapi. Dan keputusan inilah yang bisa jadi mengubah arah hidupmu. Membuat berbagai perubahan di setiap sisi kehidupanmu.

1. Keluarga memang sudah banyak memeberi kita kenyamanan, tetapi kini saatnya kita yang memberikan mereka kebahagian.
Orang tua, kakak, adik, adalah keluarga yang selalu memberikan segala hal yang kita butuhkan, mencukupi kebutuhan hidup kita. Apakah kamu yakin dengan kamu selalu berada disisi mereka akan selalu bisa membahagiakan mereka? Tentu tidak semudah itu. Mungkin saat ini kamu harus berkorban jauh dari kenyamanan dan fasilitas rumah dengan merantau untuk sekolah taau bekerja. Karena toh nantinya kamu juga harus memberikan mereka kenyamanan dan kebahagiaan.

2. Belajar mandiri memang berat, tetapi kapan lagi kamu bisa belajar kalau bukan saat ini.
Kesempatan belajar memang seumur hidup, karena belajar itu tidak memandang usia. Tetapi kalau kamu saat ini tidak melakukan hal yang bisa melatih kemandirianmu, kapan lagi? Ingat segala sesuatu tidak ada yang terlambat. Nah mulai saat ini jika kamu sudah merasa hal itu perlu dilakukan, yaitu dengan melakukan perantauan,atau hanya belajar (kuliah) atau mencari pekerjaan yang jauh dari keluarga. Hal tersebut mungkin berat di awal, tetapi percayalah nantinya kamu akan terbiasa dan kemandirianmu akan terbentuk dengan sendiri, dan kamu juga akan membuktikan kepada keluargamu jika kamu mampu hidup mandiri berkat didikan mereka. Tentu mereka akan sangat bahagia.


3. Keluarlah dari zona nyamanmu dan beralihlah ke tempat baru yang harus dibuat nyaman.
Kenyamanan di tempat kita memang sudah tidak diragukan lagi, rasa nyaman itu datang karena kita sudah berada lama dan terbiasa dengan keadaan tempat kita. Nah saat inilah kamu harus rela keluar dari zona kenyamananmu untuk berada di zona kenyamanan lain yang harus didapatkan dengan cara yang tidak mudah. Karena dengan berhijrah belum tentu tempat yang kamu tuju membuat kamu nyaman, tentu harus adaptasi terlebih dahulu. Nah setelah kamu beradaptasi pasti nantinya rasa nyaman itu akan tercipta dengan sendiri.

4. Hidup mandiri akan membuatmu belajar dan berpikir dari segala hal yang ada disekitarmu
Ketika merantau, keadaan memang mengharuskanmu untuk hidup sendiri. Jauh dari keluarga dan teman-teman dekat justru menjadikanmu terlatih hidup mandiri. Perkara kebersihan kamar kos bisa kamu tangani. Kebutuhan makan 3 kali sehari juga bisa kamu cukupi. Selain itu, kesendirian kian melatihmu semakin mawas diri. Setiap keputusan dan sikap yang kamu ambil akan baik-baik dipikirkan akibat dan konsekuensinya. Dengan belajar dari keadaan sekitarmu akan membuatmu peka terhadap lingkunganmu. Keputusan seperti apa yang harus dibuat pasti sudah bisa kamu buat saat kamu menjadi seorang yang mandiri.

5. Merantau akan membuatmu berlatih menghargai waktu dan uang
Hidup jauh dari keluarga maupun sanak saudra membuatmu akan belajar menghargai uang dan waktu. Karena kamu harus memikirkan bagaimana menghemat pengeluaran karena uang yang kamu miliki terbatas, dan waktumu juga harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna saja, jangan sampai kamu kehabisan uang disaat belum waktunya orang tua atau gajimu diterima. Waktumu juga akan lebih kamu hargai, karena kamu akan melakukan kegiatan yang sangat banyak, menyibukkan diri dengan kegiatan atau tugas kampus akan membuatmu pandai dalam manajemen waktu.

6. Dengan merantau kamu akan mendapatkan keluarga dan teman baru
Keluarga bukan hanya yang memilikihubungan darah kok. Karena manusia memang tak bisa lepas dari kehidupan sosial, walaupun akhirnya harus meninggalkan keluarga dan teman-teman di kampung halaman, bukan berarti kamu harus hidup sendiri dan kesepian. Tempat perantauan pasti menawarkan kesempatan untukmu menemukan teman-teman dan keluarga baru. Mereka yang kamu jumpai di kampus, di kantor, atau di tempat kos pun bisa jadi teman atau bahkan keluargamu. Mereka pula yang hingga larut malam mau mendengar keluh kesahmu seputar tugas-tugas kantor yang menyebalkan. Meski berasal dari daerah yang berbeda-beda, perantauan adalah tempat yang menyatukan kalian.

7. Pulang ke daerah asal atau kerumah adalah saat yang paling dinantikan untuk melepas rindu
Saat kamu menjadi anak rantau yang jauh dari keluarga dab sanak saudara, tentunya waktu dan jarak akan membuat rindu terhdaap mereka semakin terasa besar. Walaupun dijaman sekarang teknologi sudah canggih bisa saja kamu menempuh jarak puluhan kilo dengan berkomunikasi memalui telepon dan melakukan panggilan video. Namun rindu yang begitu besar tidak akan cukup terobati dengan hanya melakukan hal tersebut. Saat yang dinantikan tentunya adalah saat pulang kerumah ke kampung halaman, melepas rindu yang sudah dalam dengan keluarga dan melakukan hal-hal yang mengasiikan dirumah tentu akan membuat kamu bahagia, dan saat kembali ke perantauan akan lebih segar dan bersemangat.

8. Merantau akan menambah wawasanmu dan pengalaman terhadap tempat yang baru
Merantau ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya adalah tantangan berat bagimu, tentu saja karena harus beradaptasi lagi dengan lingkungan yang baru. Nah jangan khawatirkan masalah itu dan sedih berlarut-larut. Karena masalah itu bisa kamu atasi dengan pengalaman baru yang tidak ternilai, karena dengan berada di tempat yang baru akan menambah wawasanmu dan pengalamanmu. Kamu akan mempelajari hal-hal yang sebelumnya belum pernah kamu alami, dan kamu akan pergi mengunjungi tempat yang baru juga. Tempat wisata, cafe, restoran, dll akan menjadi wawasan dan pengalaman baru kamu yang mengasikkan dan bisa kamu bagi kepada teman yang belum mengetahuinya.

***Koteka Son***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *