Senin, 28 Maret 2016

Sejarah Sekolah Berpola Asrama di Epouto, Secara Garis Besar

Photo: Pendiri Asrama Epoo,Pak Esau Tekege bersama Anak-anak asuh

Asrama Epoo di Epouto didirikan oleh seorang guru Senior, pada tahun 2006 dengan Fasilitas yang cukup sederhana.Tempat tinggal/penghinapan para siswa adalah rumah peninggalan Misionaris, yang sering disebut “Pute To Owaa” (suku Mee).

Awalnya Asrama Epoo dibuat khusus untuk Siswa SD kelas VI, bertujuan agar giat belajar demi persiapan menghadapi akhir study pada Sekolah Dasar.

Angkatan pertama yang bertempat tinggal diasrama tersebut adalah angkatan 2006, berjumlah 8 orang siswa SD YPPK Epouto.

Pembina Asrama yang sering dipakai adalah Para Frater yang melaksanakan tahun karya pada Paroki Epouto seperti Gabby Ukago 2011-2012, Pastor Stefan Yogi 2012-2013 dan masih banyak lagi, Mereka bertugas dengan penuh tanggungjawab sebagai seorang pamong Pengasuh atas tugas dipercayakan.

Namun setelah SMP YPPK Epouto berdiri kembali ditanah petatas, Asrama baru pun didirikan oleh pemerintah setempat. Setelah SMP YPPK Epouto semakin maju dan berkembang maka banyak siswa/I yang datang dari plosok-plosok kampung untuk mengenyam pendidikan pada SMP tersebut.

Mengingat banyak siswa/i yang datang dari luar kampung, Para pembina Asrama pun mengambil kebijakan atas persetujuan orang tua untuk menampung siswa/i SD kelas VI dan SMP.

Hingga sekarang Asrama tersebut masih menampung para muda/i suku Mee dan Migani yang membutuhkan Pendidikan.

Sumber; Pendiri Asrama Epoo, Pak.Esau

Koteka son

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *