Minggu, 25 April 2021

Garis Besar Sejarah Group Musik Mambesak Papua

πΉπ‘œπ‘‘π‘œ π‘ƒπ‘’π‘Ÿπ‘ π‘œπ‘›π‘–π‘™ π‘”π‘Ÿπ‘œπ‘’π‘ π‘€π‘Žπ‘šπ‘π‘’π‘ π‘Žπ‘˜ . π‘‘π‘œπ‘ π‘€π‘œπ‘”π‘œπ‘‘π‘Žπ‘”π‘–.π‘π‘œπ‘š

Orang Papua dan Perjuangannya memilik nama, harga diri dan eksistensi diantara umat manusia di dunia, tentu karena ada lagu-lagu yang pernah dibuat, diangkat, dianyanyikan di masa lalu. Salah satu group musik kebanggaan masyarakat Papua adalah Mambesak. Group ini dinilai mampu mempersatukan ratusan suku yang berdiam di tanah Papua melalui lagu-lagu yang dibuat dan dinyanyikan merupakan simbol untuk membangkitkan api perjuangan melalui syair Lagu.

1. Sejarah

Sepintas sejarah, cikal bakal lahirnya group ini, berdiri pada tanggal 5 Agustus 1978 di Lembaga Anthropology Universitas Cenderawasih. Dipelataran Uncen itu, sebelumnya, duduk dua tokoh bangsa Papua, Arnold C. Ap dan Andy Ayamiseba. Arnold dari Fakultas Antropologi telah mendalami musik akustik Hawaian dan Andy lebih mengumpulkan seniman Pop Papua. Keduanya bertujuan sama, mengangkat harkat dan martabat tanah Papua didalam lingkungan kebudayaan negeri ini. Tak terbersit tujuan politik diantara keduanya. Tetapi oleh pemerintahan orde lama yang serba kaku dan hamba Amerika, lebih menginginkan Papua kacau balau dan dibalik itu mau nikmati “ongkos satpam” dari negeri paman Sam.

Lalu,  Arnold Clemens Ap resmi ditunjuk menjadi pemimpin group. Martini Md. Sawaki, ditunjuk menjadi wakil. Sektretaris, Joel Kafiar, dan August Tethol menjadi bendahara.

Arnold Ap, kemudian menunjuk sejumlah tokoh antropolog dan seniman dari wilayah masing-masing untuk mengumpulkan lagu-lagu,  tarian dan pementasan. Diantara mereka sekaligus menjadi pencipta lagu-lagu Mambesak.

Didalam itu,  ada nama Sam Kapisa,  koordinator pengembangan Musik, Lagu Daerah dan Mob-Mob berciri khas Papua. Ada juga nama Tonny Wolas Krenak, bergerak dibidang pengembangan  Tarian Adat yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Yospan, Jeruk Nipis dan Wayase. Dibidang Theatre dan Pementasan ditunjuk Demianus Wariab Kurni. Berth Tanawani menjadi koordinator Publikasi dan Dokumentasi. Sedangkan Constantinopel P. Ruhukail dan Marthen L. Rumabar bertugas  di dapur rekaman, produksi siaran radio dan distribusi kaset.

Penari dan penyanyi diantaranya Uslina Monim, Sance Wanggai, Joke Wanggai, Mary Samaduda, Maryon Krey, Selvi Samber, Jul Maniagasi, Thilda Letsoin,  Jan Piet Ap, E. Rumansara, Danny Mandowen, Paul Yaam, Willem Kiryar, Auleman Rumbewas, A. Frits Watofa, Andy Kawer, Josh Kapisa, August Ronsumbre, Moses Mangge,  Sony Werimon, Franz Rumbrawer, Jul Jembise,  Esther Sawaki,  Hiskia Hoor, Eduard M. Mofu,  Ham Wambraw, dan Job Rumayau (guest Singer ‘Sup Mowiya’).

πΉπ‘œπ‘‘π‘œ πΊπ‘Ÿπ‘œπ‘’π‘ π‘€π‘’π‘ π‘–π‘˜ π‘€π‘Žπ‘šπ‘π‘’π‘ π‘Žπ‘˜. π‘‘π‘œπ‘˜ π‘šπ‘œπ‘”π‘œπ‘‘π‘Žπ‘”π‘–.π‘π‘œπ‘š

2. Kaset Volume I s/d V

Rekaman Musik Daerah Group Mambesak di mulai pada akhir bulan Movember 1978, di halaman Museum Lembaga Anthropology Uncen. Volume Pertama dikeluarkan pada bulan February 1979, berisi 16 lagu daerah, memperkenalkan lagu: ‘Akai bi pamare’ (Mimika), dan ‘Waniambe’ (Jayapura).

Volume 2/1980 – berisi 16 buah lagu daerah, memperkenalkan lagu ‘Yayun Wambeso’ (Biak) dan ‘Hindang Makhendang’ (Sentani).

Volume 3/1980 (akhir 1980) berisi 10 buah lagu daerah memperkenalkan ‘Porea Gareso’ (Barapasi), dan ‘Hemeng Preka’ (Iha, Fakfak).

Volume 4/1982 berisi 14 buah lagu daerah dengan memperkenalkan ‘Airaro Beseya’ (Wondama) dan ‘Nit pughuluok en’ (Kurima).

Volume ke-5 yang direncanakan untuk direkam pada tahun 1983 tidak terlaksana karena pihak keamanan Pemerintah Republik Indonesia mulai memantau kegiatan nyanyi dan tari Mambesak yang berujung pada penangkapan dan penahanan Arnold Ap dan Eduard Mofu.

πΉπ‘œπ‘‘π‘œ π‘”π‘Ÿπ‘œπ‘’π‘ π‘šπ‘’π‘ π‘–π‘˜ π‘€π‘Žπ‘šπ‘π‘’π‘ π‘Žπ‘˜ π‘ƒπ‘Žπ‘π‘’π‘Ž

3. Pasifican

Mambesak mengangkat dan memperkenalkan budaya Pasifik dan Hawaian. Kutipan melodi, pukulan tifa, iringan rithem, pengaturan irama dan penentuan birama dari semua lagu Mambesak bercirikan Hawaian Papua. Kebudayaan Hawaian ini ternyata tersebar hingga Ambon,  Ternate hingga Vanuatu, dan Rock Country Amerika.

Coba dengarkan irama pukulan musik musisi top dunia seperti Jim Reef, Vince Gill,  Conwaytweety,  Cornetes dengan lagu Waikiki Tamoure. Semua dari pukulan musik Mambesak. Asyik, melangkolis dan membawa damai.

Kemegahan Mambesak adalah, Arnold Ap mampu mengangkat ciri khas budaya dari masing-masing lagu. Setiap lagu diarensemen berbeda dan dinyanyikan sesuai jiwa lagu.

Penyanyi pun tak monoton. Setiap lagu dinyanyikan oleh penyanyi yang berbeda dengan warna suara masing-masing. Itulah kemudian, Mambesak menjadi sebuah group yang tak membosankan di telinga bangsa Papua.

4. Etnik

Etnik dan tradisi berbeda. Lagu etnik adalah lagu-lagu yang sering dinyanyikan oleh orang tua di kampung-kampung untuk menidurkan anak, rasa cinta, rasa sedih, kecewa, dan bahkan mengutuk orang. Bentuk lagunya resitatif atau berulang-ulang, hanya lirik yang berbeda-beda.

Mambesak dalam hidangan lagu-lagunya, telah berhasil mengangkat lagu-lagu etnik dari sejumlah daerah. Selain dari itu, semua lagu Mambesak masuk dalam kategori Pop Tradisional. Yaitu jenis lagu yang dinyanyikan dengan musik gitar atau ukulele. Karena itu, lagu-lagu Mambesak sangat nampak dalam unsur unsur budaya Hawaian yang mengandalkan Jukulele, Gitar dan Bas kutik.

5. Pengurus/Anggota Group Musik Mambesak

Grup Mambesak berdiri pada 15 Agustus 1978 & membentuk pengurus Mambesak tanggal 23 Agustus 1978

Arnold Ap - Pimpinan

Marthiny Sawaki - Wakil Pimpinan

Yopie Kafiar - Sekretaris

Sam Kapissa - Koordinator Musik

Wolas Krenak - Koordinator Tari

Costantin Ruhukail - Koordinator Teknik

Gusty Tethool - Bendahara

Berth Tanawani - Pers/Dokumentasi

Demmy Waryab - Theater

Athen Rumabar - Distribusi

Anggota :

1.   Uslina Monim

2.   Tilda Letsoin

3.   Telly Jopari

4.   Jocke Wainggai

5.   Marion Krey

6.   Selvi Samber

7.   Santje Wainggai

8.    Opie Kafiar

9.   Nella Watofa

10. Jull Maniagasi

11. Etha Tabibiati

12. Esty Sawaki

13. Johana Jembise

14. Danny Mandowen

15. Jan Piet Ap

16. Mozes Mannge

17. Eki Hoor

18. Frans Rumbrawer

19. Ham Wambrauw

20. Edy Mofu

21. Willy Kiryar

22. Wim Rumbiak

23. Andy Kawer

24. Enos Rumansara

25. Jos Kapissa

26. Paul Yam

27. Gus Ronsumbre

28. Jesaya Rumbiak

30. Sonny Werimon

31. Abner Watofa

32. Jopie Rumajau

33. Willy Mandowen

34. Andi Msen

35. Abner Korwa

Grup Mambesak menghadirkan seni dan budaya Papua sebagai jati diri, identitas diri Bangsa Papua yang menjadi catatan penting dalam sejarah seni budaya Papua. 

Mengangkat budaya Papua adalah harapan semua Orang Asli Papua, Karena itulah Martabat dan harga diri bangsa Papua, sebagai bagian dari warga dunia yang berbeda-beda dan unik.

Munculnya budaya patola, hip-hop, Fl Studio, kewa-kewi muda mudi sedikitnya akan mengikis budaya bangsa Papua. Anak didik kita sudah akan lupa budaya Papua seperti Yospan dll. Sekarang justru masyarakat Jawa Toraja, buton, makasar yang belajar mati-matian terhadap gerakan-gerakan Yospan. Apalagi lagu-lagu etnik.

Oleh sebab itu, sekarang harus menjadi perhatian penting para pemimpin daerah untuk lebih memperhatikan budaya Papua yang semakin hari semangkin runtuh dihadapan televisi dan henphone.

Adakah saluran televisi otonomi khusus yang hanya mengangkat budaya Papua? Seberapa jauh anggaran untuk menghadirkan Mechu Imbiri, Wem Moesido live angkat lagu Merauke, atau Edo Kondologit nyanyi lagu etnik Kerom Arso atau khususnya lagu-lagu versi Mambesak – Yaromba, atau etnik Papua?

Sumber Foto

Dokumen Mogodagi.com dan google internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *