Kamis, 21 Januari 2016

SELAMATKAN MANUSIA & HUTAN PAPUA.

Oleh: Mando Mote
MD/Mandos Mote
Kenapa topik di atas tertulis selamatkan dan ada terjadi masalah apa terhadap manusia dan hutan papua.
Kedua hal antara manusia dan hutan sudah berada di posisi krisis dan terancam yang perlu dibutuhkan pemecahan, penyelesaian.

I. Hutan Papua menuju Kepunahan
Saat ini benar terjadi kepunahan alam papua yakni dari Rusaknya hutan Papua. Dibeberapa daerah seperti di kabupateh Nabire proses penebangan kayu lokasinya tepat di distrik Wami, Jaro, Wanggar, Topo, uwapa, Lagari adalah titik-titik penebangan kayu oleh perusahan-perusahan. Entah itu perusahan legal maupun ilegal.

Di kabupaten Deiyai seperti di distrik Kapiraya & Bouwobado terjadi pengambilan kayu. Soal pengambilan kayu saat ini pemerintah kabupaten Deiyai tidak mengedepankan untuk menyelesaikan padahal itu sudah wilayah administrasi kabupaten Deiyai.

Masih ada di kabupaten Paniai juga yakni di Distrik Siriwo- yang orang klaim tempat penambangan (Degewo). Di sana sudah ada penebangan dan penggalian yang bisa muncurkan rawan bencana.

Masih ada kerusakan hutan dari kabupaten lain juga di seluruh pulau papua entah di propinsi Papua dan papua barat.

Yang kami sebutkan itu dari wilayah adat MEE PAGOO sesuai hasil observasi dan data lapangan yang empiris dan akurat.

II. Manusia Papua menuju Kepunahan
Berdasarkan data BPS Provinsi papua dan Papua Barat tahun 2014 s/d 2015 perbandingan penduduk orang asli papua dengan non papua sangat berbeda. Kelajuan Plusnya penduduk non-papua semakin hari semakin tambah sementara orang asli papua terjadi penyusutan.

Penambahan penduduk non papua disebabkan dari beberapa faktor yakni
a). tingkat kelahiran bertambah dan tingkat kematian tidak ada di atas tanah papua.
b). Kedatangan orang asli papua dari luar daerah terus bertambah.
Sementara orang asli papua ditingkat kematian bertambah dan terbuka sementara tingkat kelahiran sudah sedikit.

Ini adalah profil umum perkembangan kemajuan dan kemunduran antara orang asli Papua dan Non papua berdasarkan data BPS Propinsi Papua 2014 s/d 2015.

Kedua hal baik itu sektor manusia dan hutan adalah aset harapan pembangunan dan pembaharuan masa depan papua. Manusia dan hutan juga sebagai tumpuan harapan maka selamatkan harapan itu dari sekarang supaya harapan itu tetap eksis terus meskipun diupayakan oleh pihak penumbang/ember untuk dihilangkan.

Penulis: Anak Koteka
Sumber: Dinding Satatusnya Mando Mote.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *