Selasa, 03 April 2018

YATAMO Jantung Paniyai, PANIYAI Jantung Papua, PAPUA Jantung Indonesi dan INDONESIA jantung dunia atas dasar Papua, Karena Ada PT. Freeport Indonesia, di Papua

 (alm) Fransiskus Tekege (Jubir KNPB Nabire) bersama kawannya

Oleh: Fransiskus Tekege (alm)

Suatu renungan disenja sakit

 
Apakah YATAMO jantung Paniyai ?......................
Ya, kenapa saya jawab “Ya”
Untuk memastikan kebenarannya kita meninjau dari beberapa aspek sejarah kehidupan di Daerah Yatamo/Epouto;
~ dilihat dari letak geografis
Epouto adalah ibukota distrik Yatamo yang letaknya kurang lebih 4 KM dari ibukota kabupaten Paniyai, Enarotali. Kata YATAMO sendiri kepanjangan dari Yawei, Tage, Mogoutouda. Daerah itu diapit oleh 4 Gunung Yakni: Gunung Deiyai, berbatas lansung dengan daerah Kmuu (Moanemani), Gunung miiye dan Takapa, berbatas langsung dengan Tigi (Waghete), Gunung Gipaiya, berbatas langsung dengan daerah Paniyai. Ditengah keempat Gunung itu terdapat ada sebuah Danau Yang unik yakni: Danau Tage. Danau itu terletak Paling ditengah setelah dikelilingi tiga Danau; Danau Makamo, terletak di bagian barat,Danau Tigi, terletak di baagian selatan dan Danau Paniai, terletak di bagian Timur dan Utara. Air dari Danau Tage terus mengalir membagi ketiga Danau yang dianggap terendah karena, Danau Tage terletek lebih tinggi diatas permukaan bumi. Dengan demikian, dilihat dari dekskripsi diatas maka, Yatamo terletak paling di tengah.
 
~dilihat dari segi pendidikn
Sejak dahulu kala di Epouto/YATAMO ada sebuah sekolah yang bernama Queiht School/VVS (sekolah Rakyat) yang dibangun oleh Bule-bule dari Belanda. ditempat itu mengaderkan banyk anak-anak dari berbagai Suku, Agama dan Daerah. Setelah beberapa Tahun kemudian mengalami perkembngan dan Epouto menjadi pusat Pendidikan. Bahkan Queight School/VVS berubah status menjadi SMP YPPK Epouto, Asrama SMP yang mewah lansung dibentngkan, kemudian Anak-anak dari berbagai penjuru datang berbondong-bondong untuk menimbah ilmu. Kita sudah ketahui bahwa, banyak orang telah berhasil mereka yang berilmu disitu. Sebut saja,Pejabat-pejabat dan Guru- guru Tua Papua khususnya Pegunungan tengah yang sedang menjabat dan mengbdi baik adalah diproduct dari Epouto. bukan hanya sisi keberhasilannya namun, mereke yang menimba ilmu disitu menjadi Orang yang bermoral mereka selalu dipertanggungjwabkan semua kegiatan yang di lakukan di kampung mereka.
 
~dilihat dari segi Agama
Pembawa missi Penyebaran Agama Katholik (Paitua Tillemns dan Tekegeadama Auki) pertama mereka tiba/injak di kampung Yaba. Mereke merencanakan 5 daerah (Paroki) yang menjadi pusat Penyebaran ajaran Agama katholik, salah satunya adalah Epouto/YATAMO. Sehabis merintis ajaran Agama Katholik oleh Tillemans dkk, tersebar banyak penyebar agama (Suster,Frater,Diakon,Bruder dan Pastor) dari Belanda. Mereka dibagi tempat tugasnya masing-masing dalam 5 Paroki yang ada di Paniyai. namun, Kebanyakan dari mereka memilih tempat tugasnya di Epouto walaupun mereka tak mengenal alam dan lingkungannya. Setelah Para Rohaniwan-rohaniwati dari kelima Paroki meninjau Epouto adalh tempat yang aman,nyaman, menyenangkan dan Fasilitas yang serba lengkap akhirnya mereka jadikan Epouto adalah Pusat Pembinaan Kader Ajaran Agama Katholik (PPAAK). Berbagai kegiatan keagamaan dillakukan di PPK Epouto (dulu asrama SMP ). Kegiatan ini rutinitas dalam setiap tahun dan dilakukan sesuai kedudukan mereka mulai dari Pastor sampai katakes. Mereka yang tempat tugasnya jauh seperti; Moanemani, Timika, Kokonao dan Nabire selalu diantar dengan pesawat cessna milik Misi Katolik. Dengan demikian kita menganggap bahwa Epouto/YATAMO adalah Lumbung/gudang bibit ajaran kebenaraan dan tempat untuk mematangkan,mempersiapkan dan memasak ajaran Yesus. jadi, siapa saja yang datang dari mana saja bebas memetik sesuai keinginan mereka. Kita sudah ketahui bahwa di daerah (Paroki) lain sudah menyadari matang akan ajaran Yesus karena, mereka mengambil benih kebenaran di Epouto/YATAMO.
 
~dilihat dari sisi Ekonom
Dahulu Epouto dikenal dengan daerah penghasil sayur, mulai dari sayur kool sampai bayam. bukan hanya itu, Petatas Nabedau (Nabedau Nota) yang nilainya sangat tinggi dimata orang Asing. Hanya dengan Nota Nabedau dari Epouto pernah beli Pesawat Cessna jenis VKV warna merah. Segala jenis ternak seperti; Ayam broiler, ayam telur, ayam kmpung,kuda,sapi bali,sapi susu dan domba Pernah dipiarahi di epouto. Ternak Domba yang jarang ditemukan didaerah lain dahulu pernah memelihara. Bahkan susu sapi kadar tinggi yang Product dari Epouto pernah Ekspor ke Belanda. Sapi peniggalan Belanda hingga kini masih dipelihara oleh warga Epouto.
 
~dilihat dari kehidupan sosial
Masyarakat yatamo yang terdiri dari 8 Fam mereka selalu hidup berdampingan, mereka tidak melakukan kontak bisnis dengan daerah lain, merek hidup apa adanya (Ewakegaka noyawi, beukegaka beu). Dalam kehidupannya menghargai dan menghormati dinomor-satukan bahkan rasa kasihsayang sudah tertanam dalam hati setiap orang. Bentuk/susunan masyarakatnya adalah Tonawi/orang berpengruh selalu menempati urutan pertama dalam lingkungannya, ketika memutuskan suatu persoalan seorang Tonawi selalu netral antara kedua pihak yang bertikai, kemudian keputusan apa yang dijatuhkan mereka harus tunduk dan menerima dengan lapang dada. Oleh karena itu, Masyrakat yatamo adalah masyarakat yang ramah tama.
 
Kesimpulan
Dilihat dari uraian yang tidak lengkap diatas ini benar-benar yatamo dianggap kakak dari daerah lain di Paniyai berarti maka, YATAMO adalah jantung Paniyai. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki di Yatamo bermula dari kekuatan penyebar misi Agama katholik (bule-bule Belanda). Mereka datang ke Epouto tujuannya bukan hanya menyebarkan berita injil namun, datang juga membabat hutan dan menata kota Epouto. Dahulu orang belanda mengukir kampung Epouto menjadi kota laba-laba dan pernah juga disebut kota Mini bermata Ular. Mereka membangun Epouto dengan hati. Alat dan bahan yang mereka bangun langsung dibawa dari Belanda. Dalam pembangunannya alam YATAMO/Epouto pun tetap mendukung sehingga semua pembangunan menjadi kokoh dan tahan lama. Kemudian, semua ternak dan tanaman menjadi panen. Kerja sama antara masyarakat/umat dengan kaum rohaniwan/ti sangat menonjol, umat juga selalu turuti atas semua keputusan-keputusan yang ditetapkan dari Gereja.
Ada dua agama yang tersebar di Epouto/Yatamo yakni; Kristen Katholik dan Kristen Protestan, walaupun dua agama dalam lingkungan yang kecil mereka tidak fanatis namun, hidup rukun dalam lingkungannya. Anak-anak kingmi melanjutkan pendidikan di sekolah katholik, mereke mengiuti semua tahapan belajar dengan sunggu-sungguh, dalam hal ini daerah lain tidak mirip dengan Epouto/YATAMO, kalau daerah lain maka, fanatisme sangat kentara kemudian penganut agama Protestan sulit melanjutkan sekolah Katholik.
 
Dengan demikian dilihat dari semua kelebihan-kelebihan diatas ini menunjukan bahwa, YATAMO dinyatakan benar-benar jantung PANIYAI.
 
~bisa dibantah dengan argumen saudara, kami menanti............!!!!!!!!!!!!!

Sumber : Facebook Pribadi Fransiskus Tekege @tekegeparance; post; 10 desember 2012. @https://www.facebook.com/yuvensius.tekege/posts/4036125786047

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *