Senin, 14 Desember 2015

Sekilas Perjuangan-ku menjadi seorang Praja


"Beroleh Ilmu dan Pendidikan Perlu ada Perjuangan"

berikut Perjuanganku memasuki Kampus IPDN

Photo: Doc Pribadi

Setelah tamat SMA, Saya Berinisiatif untuk melanjutkan pendidikan  ke Perguruan Tinggi Kedinasan, Akademi Kepolisian (AKPOL) pun menjadi sasaran Pendidikan saya selanjutnya. Saya mendaftar diri melalui media Online dan selanjutnya menunggu Jadwal untuk Mengikuti test di POLDA Papua Yang diadakan Pada tanggal 23 Mei-24 Juni 2013. Tepat pada tanggal 20 mei dua hari lagi untuk melaksanakan Tes, Badan saya Mulai menggigil akhirnya saya jatu sakit sehingga cita-cita Untuk menjadi seorang TARUNA pun tidak jadi, Saya Berdoa dan Menyerahkan Semuanya kepada Tuhan Dengan Harapan bahwa Sembuhkan sakit-kesakitan ini, tetapi Sakit tersebut semakin hari semakin Parah dan tidak Pernah Sembuh hingga Masuk Bulan Juni, Saya memilih Untuk Pulang kampung dan tidak Melanjutkan Pendidikan. setelah tiba dikampung sakit saya pun mulai berkurang tanpa mengkomsumsi Obat-obatan, setelah 3 (tiga) hari kemudian dengan sendirinya sakit pun menghilang Alias saya sembuh Total Padahal saya sakit Berat, Pikiran Untuk Melanjutkan sekolah Pun mulai timbul dalam benakku dan saya berpikir bahwa "Pasti Tuhan Mempunyai rencana Lain dalam hidup-ku Karena Tuhan Selalu menyiapkan yang terbaik buat Umatnya". Selanjutnya saya bingung? Mau  Daftar dimana? atau Apakah saya harus Menganggur satu Tahun lagi ?? Jawabannya TIDAK. Semua perguruan tinggi sudah tutup.

Tuhan Memberikan satu kesempatan lagi buat saya, yaitu Mendaftarkan diri sebagai seorang CAPRA IPDN (CALON PRAJA IPDN) di BKD kabupaten, Saya sangat Ragu dan Bingun Untuk Mengikuti  Test Ini, Karena Menurut isu yang saya dengar saat itu, Setiap Tahun Jumlah orang yang Lulus Pasti Cuma Hitungan Jari, Test ini juga memakai Pelicin dalam tanda kutip, Saya Ragu!!!  Apakah saya Bisa LULUS atau TIDAK?

Tapi saat itu saya Mempunyai Motivasi besar untuk mengikuti tes tersebut“BELAJAR DARI KEGAGALAN KARENA KEGAGALAN ITULAH YANG AKAN MENGANTARKAN ANDA PADA KESUKSESAN” Ini menjadi suatu Motivasi saya saat itu. Saya ingin mengikuti test IPDN karena saya Tahu ini pasti Jalan Satu-satunya yang Tuhan siapkan Buat saya untuk masa depan-ku. Akhirnya saya Daftar Diri sebagai seorang Calon Praja IPDN dan Bersaing dengan 11 (sebelas) Calon Praja Lainya dari Kabupaten-ku. Selanjutnya kami mengikuti Tes ditingkat Kabupaten yang dilaksanakan Di Nabire Yaitu Tes Psikologi, setelah tiga minggu berjalan hasil tes pun diumumkan dan yang lulus dari kabupaten-ku berjumlah 7 (Tujuh) Orang, seleksi pertama saya dinyatakan LULUS, selanjutnya kami Menuju kejayapura Untuk mengikuti Seleksi selanjutnya di Jayapura, dimana tesnya yang Dilaksanan Pada Tanggal 19-28 September 2013. Seleksi demi Seleksi, Tahapan demi Tahapan pun Aku lewati dengan Keadaan Sehat, Usai semua seleksi Maupun Tahapan Saya Memilih Untuk Tidak  pulang ke Daerah, saya bersabar menanti hasilnya dijayapura sambil melakukan aktivitas seharian-ku Bersama Yokagaido.

Setelah sebulan berlalu hasil yang ditunggu-tunggu belum di Umumkan juga. Akhirnya Tiap saat, tiap waktu saya Membuka RRI terus-menerus sampai saya memanaskan Hendphone saya sehari dua kali, tiap hari kegiatan-ku duduk dirumah sambil mendengarkan RRI namun Pada suatu sore Pengumuman Hasil tes Calon Praja Pun diumumkan Lewat RRI, Hati saya Pun Mulai bergetar ketika daftar Nama yang Lulus IPDN mulai disebut ternyata apa yang terjadi ketika mereka menyebutkan nama-ku saya cuma bisa menjatuhkan Air Mata saja Karena Tuhan Telah Membantu-ku dijalan lain..

Keesokan harinya Saya Mulai mengambil Hendphone dan Menelpon Ortu-ku.
saya     : Hallo Mama waee koya Abataooo
Mama : koya abata pare.
             Magio Pare?
saya    : Aniki IPDN ena Natipai nu.
Mama : Enaka Sekolah teuwi kodoko, Tuhan yako koudaiga (IPDN) Uwi katipi kodokoyoka
saya     : i no mama , inike aweta wako jawa koda neuwitai ka Koyanu.
Mama : Enaka Koyaooo.

Akhirnya HARAPANKU SESUAI DENGAN KENYATAAN dan Saya Mulai Mengerti Bahwa RENCANA TUHAN memang Selalu Indah pada waktunya.

Demikian Pengalaman yang dapat saya posting kali ini. Kiranya Postingan Ini Bisa Menjadi Inspirasi Bagi Kita Semua.Terimakasih. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *