Selasa, 15 September 2020

Mengenang Seniman Papua Asal Meeuwo, AULEMAN PEKEY 1975 - 2013

Penampilan Auleman Pekei ketika konser di Kuala Kencana Timika Tembagapua Tahun 2012

Mengenang Seniman Papua Asal Meeuwo.
Maestro Gitar abadi AULEMAN PEKEY (1975 - 2013)

Oleh : Parex Tekege

Beliau Lahir pada 15 agustus 1975 di wamena, orang tuanya adalah Paskalis Pekey dan Paulina Maga Adii. Sejak umur 11 tahun atau pada tahun 1986 beliau sudah bergabung dalam dunia musik dan bermain Ukulele bersama group PANBERS pimpinan Rumanus Pekey dan Group Wadouw Pimpinan Paulus Youw.

Ketika masa kampanye pemilu tahun 1987, Auleman semakin mantap memetik dawai gitar diatas pentas halaman Kantor Golkar Wamena yg ketika itu mengadakan malam hiburan rakyat sebulan penuh.

Kepiawaian bermain gitarnya terbawa terus hingga pertengahan tahun 1989 atau ketika berumur 14 tahun, Auleman sudah mahir bermain intro melody seluruh Album Black Brothers, Group Band CCR dan sejumlah intro melody vocalia barat tempo dulu.

Ketika Auleman berumur 16 tahun atau di tahun 1991 untuk pertama kalinya Auleman memetik dawai gitar elektrik di pentas terbuka yakni di Lapangan Polres Jayawijaya bersama Group Band terbaik BALIEM SELECTION BAND Pimpinan alm. Paskalis rumngewur (BUNG RUMI). Bung rumi (gitaris) dan bung Nilus Leisubun Youw (keyboard) adalah dua sosok yg membina dan membentuk Auleman menjadi Gitaris Handal termasuk Eric Takimay, Edmar Ukago, Athen Pigay dll.

Mr.Auleman Pekei (alm) doc.mogodagi

Seiring perjalanan waktu, maka Auleman, dkk membentuk beberapa group vocal antara lain; MUTAETUWAI GROUP tahun 1995, Pimpinan Yulianus Kayame, DEIYAI TOBE GROUP tahun 1996 , TARUA TUNE bersama ibu Hagar Maday cs tahun 2000, SALJU ABADI BAND tahun 2004. dan seterusnya auleman banyak bergabung dalam sejumlah group band musik.

Sejumlah teman yang selalu saling mengisi dalam mengembangkan bakat2nya adalah Edmar Ukago, Eric Takimay, Athen Pigay, Stef Pekey, AMCO agus Halitopo, alm. Yavi Rumngewur, Herman Youw, Herman Leisubun Youw, Hofni Yeimo, Yerry Nawipa, alm Yulianus Yeimo dll.

Tahun 2009 Auleman diangkat menjadi PNS di Pemda Paniai. Bakat yang beliau miliki adalah Talenta Luar biasa dari rata-rata yg lain di Papua, namun sebagai manusia biasa kita selalu tak luput dari salah dan dosa sehingga bakat dan kemampuan itu bisa saja berlalu dengan sekejap bagaikan uap.

Kini telah Auleman berdayung asah asah Danau Tigi menuju Bapanya di Pulau Kesucian namun semua lagu ciptaannya akan dikenang dari masa ke Masa dan dari generasi ke generasi.

Sang Legendaris Musisi Papua asal Pegunungan Tengah. Tuan Auleman Pekei Menghembuskan Nafas terakhirnya pada tanggal 01 desember 2013 di RSUD Paniai, kini tinggal nama dan Segala karya abadinya kami akan kenang selama-lamanya dan di wariskan kepada anak cucu kita.

"Suaramu yang nyaring serta musikmu yang merdu selalu menjadi penghibur di setiap insan Manusia Papua ketika mengalami beban berat.

Pulau Sumba, 16 september 2020
dipublikasi oleh : Admin
Meeuwo Tempo Doeloe Melalui Website Mogodagiblogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FORMULIR KONTAK

Nama

Email *

Pesan *